“DUNIA YANG SALING BERKAITAN” adalah sebuah film yang terdiri atas empat bagian tentang Dana Moneter Internasional dan krisis ekonomi global.

Kita memerlukan pemerintahan multilateral yang lebih baik. Dan apabila kita tidak mendapatkannya, anak-anak dan cucu kitalah yang akan membayar kerugiannya. — Mohamed El-Erian, CEO PIMCO

Keempat video ini membahas bagaimana tatanan dunia ekonomi sedang dibentuk oleh krisis global, oleh bangkitnya Asia serta implikasinya bagi seluruh dunia, bagaimana penemuan minyak bumi mempengaruhi negara berpenghasilan rendah di Afrika, dan transisi sebuah negara di Eropa Timur dari komunisme menjadi sebuah perekonomian pasar dan anggota Uni Eropa.

IMF didirikan untuk mendorong stabilitas ekonomi dan mempromosikan perdamaian setelah terjadinya kehancuran akibat Perang Dunia Kedua. Lembaga internasional ini telah mengalami perubahan yang sangat cepat untuk mengatasi tantangan-tantangan abad ke-21, dan memegang peranan penting dalam membantu berbagai negara menghadapi krisis keuangan global.

Sumber-sumber

Dari Krisis Menjadi Kerjasama

Kita hidup di dunia yang semakin mengglobal. Hubungan ekonomi dan keuangan yang mengikat kita bersama telah bermanfaat besar bagi penduduk sedunia, namun efek destabilisasinya juga ada.

Dalam film ini dijelaskan tentang IMF dan peranannya selama krisis ekonomi global yang membawa perekonomian dunia jatuh terpuruk. Langkah terpadu oleh para pemimpin dunia berhasil menghindari depresi besar yang kedua, tapi apakah prospek masa depan untuk kerjasama multilateral?

Orang umumnya mengetahui cerita tentang terbangnya kupu-kupu dari Afrika yang mengakibatkan tornado di Amerika Latin. Itulah yang dimaksudkan di sini. — Olivier Blanchard, Ekonom Kepala, IMF